Minggu, 02 Juni 2013

Yuk! Belajar Pemrograman Visual Basic dot Net Di Mesran.Net

LATIHAN LSITVIEW PERHITUNGAN PENJUALAN BARANG
buat tampilan seperti ini :
tidak di haruskan mirip seperti di bawah ini ya :D
ini cuma gambaran saja..agar pembca lebih mengerti saja

lalu beri nama dan isi text pada setiap tools, kecuali textbox
agar mudah..hapus saja semua isi script di VB ny, lalu paste kan cript di bawah ini :


Public Class Form1

    Private Sub Button5_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnbersih.Click
        no.Text = ""
        kdbarang.Text = ""
        nb.Text = ""
        merk.Text = ""
        harga.Text = ""
        jbeli.Text = ""
        tharga.Text = ""
    End Sub

    Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
        buattabel()
        kdbarang.Items.Add("TS001")
        kdbarang.Items.Add("TS002")
        kdbarang.Items.Add("VG001")
        kdbarang.Items.Add("VG002")
    End Sub
    Sub isitabel()
        Dim lst As New ListViewItem
        lst.Text = no.Text
        lst.SubItems.Add(no.Text)
        lst.SubItems.Add(nb.Text)
        lst.SubItems.Add(merk.Text)
        lst.SubItems.Add(harga.Text)
        lst.SubItems.Add(jbeli.Text)
        lst.SubItems.Add(tharga.Text)
        Lv.Items.Add(lst)
    End Sub
    Sub buattabel()
        LV.Columns.Add("NO pembelian", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Kode Barang", 100, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Nama Barang", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Merk", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Harga", 100, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Jumlah Beli", 80, HorizontalAlignment.Center)
        LV.Columns.Add("Total Harga", 80, HorizontalAlignment.Center)
        Lv.View = View.Details
        Lv.GridLines = True
    End Sub

    Private Sub btnkeluar_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnkeluar.Click
        End
    End Sub

    Private Sub simpanlist_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles simpanlist.Click
        isitabel()
        no.Text = ""
        kdbarang.Text = ""
        nb.Text = ""
        merk.Text = ""
        harga.Text = ""
        jbeli.Text = ""
        tharga.Text = ""
    End Sub
    Private Sub Hpilih_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Hpilih.Click
        LV.Items.Remove(LV.SelectedItems(0))
    End Sub
    Private Sub hsemua_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles hsemua.Click
        LV.Items.Clear()
    End Sub

    Private Sub npm_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles no.TextChanged
       
    End Sub

    Private Sub angka_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles jbeli.TextChanged
      
    End Sub

    Private Sub kdbarang_SelectedIndexChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles kdbarang.SelectedIndexChanged
        Dim x As String
        x = Microsoft.VisualBasic.Left(kdbarang.Text, 2)
        If x = "TS" Then
            merk.Text = "Thosiba"
        ElseIf x = "VG" Then
            merk.Text = "V-GEN"
        End If

        Dim a As String
        a = Microsoft.VisualBasic.Right(kdbarang.Text, 1)
        If a = "1" Then
            nb.Text = "FlashDisk 4GB"
        ElseIf a = "2" Then
            nb.Text = "FlashDisk 2GB"
        End If

        If kdbarang.Text = "TS001" Then
            harga.Text = "105000"
        ElseIf kdbarang.Text = "TS002" Then
            harga.Text = "75000"
        ElseIf kdbarang.Text = "VG001" Then
            harga.Text = "90000"
        ElseIf kdbarang.Text = "VG002" Then
            harga.Text = "60000"
        End If
    End Sub

    Private Sub nb_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles nb.TextChanged

    End Sub

    Private Sub harga_TextChanged(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles harga.TextChanged

    End Sub

    Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles btnproses.Click
        tharga.Text = jbeli.Text * harga.Text
    End Sub
End Class

jika tidak ada erorr..maka program akan muncul ketika kita ketik F5
akan muncul tampilan seperti ini :


demikian lah postingan dari saya :
   NAMA : HENDRA HUNAWAN
   NPM     : 1111098


1 komentar: